Denah Rumah Minimalis Modern


Memang denah rumah minimalis perlu diperhitungan dan disesesuaikan terlebih dahulu sebelum membuat rumah. Jangan sampai rumah anda kurang nyaman dan indah hanya dikarenakan tata ruang rumah yang tidak rapi dan terlihat berantakan. Pencahayaan sinar matahari yang masuk juga sangat mempengaruhi kenyamanan rumah. Jadi, alangkah baiknya jika sebelum kita ingin membangun rumah hunian baru memperhitungkan segala aspek. Baik dari aspek tata ruang, pemilihan interior ruangan, pemilihan cat, hingga pemilihan perabotan rumah tangga.

Kedinamisan Denah Rumah Minimalis

Rumah yang indah dan nyaman, tidaklah harus megah, besar dan mempunyai interior yang mahal. Kita dapat menjadikan rumah minimalis yang sederhana namun nampak modern dengan pengaturan partisi ruangan pada denah rumah minimalis tersebut. Jadi, rumah yang sederhanapun akan tetap modern jika kita pandai dalam penataan ruangannya. Kebanyakan rumah minimalis mempunyai beberapa ruangan yang memang sengaja didesain berulang, seperti kamar mandi dan kamar tidur. Akan tetapi, anda dapat membuatnya berbeda desain jika anda menginginkannya. Yang terpenting ukuran ruangan tetap sesuai.


Rumah minimalis memang tidak terlalu besar namun anda tetap memiliki banyak ruang untuk bergerak. Sebagai contoh denah rumah minimalis 2 lantai, untuk garasi yang biasanya hanya cukup untuk satu mobil, pada denah rumah 2 lantai ini, anda dapat menyimpan satu mobil dan 2 motor. Dengan memaksimalkan luas tanah yang ada, tentu akan lebih efisien. Kemahiran anda dalam mengatur ruangan dengan keterbatasan tempat yang tersedia sangat berpengaruh pada kenyamanan rumah minimalis, karena kesalahan dalam mengatur ruangan, akan mengakibatkan rumah kita tampak lebih sempit dan sedikit tidak teratur. Dan jangan lupa untuk memberikan sentuhan warna yang sama dan sesuai agar tampak lebih serasi dan rapi.

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar tidur

Untuk mereka yang akan berkeluarga, atau baru berkeluarga mungkin memiliki rumah minimalis dengan dua kamar tidur sudah cukup. Akan tetapi bagi mereka yang sudah dikaruniai anak, pasti sangat membutuhkan tambahan kamar tidur. Sebut saja denah rumah minimalis 3 kamar tidur, dengan ukuran luas tanah 140 m2, dengan teras, taman dan halaman belakang tetap ada. 1 Ruang tamu, 3 kamar tidur, dapur dan ruang makannya, dan 1 kamar mandi dapat mencukupi kebutuhan satu keluarga. Untuk Desain kamar tidur dapat didesain serupa, dengan lebih difokuskan pada ruang makan dan ruang tamu yang lebih luas.

Kesan Luas Pada Denah Rumah Minimalis

Banyak cara untuk mendapatkan kesan luas pada denah rumah minimalis, dimulai dari pewarnaan dinding, lantai dan interior ruangan. Untuk ubin kita dapat memberikan warna soft seperti putih, cream, ivory dsb. Selanjutnya agar kesan ruangan lebih luas dan lapang kita dapat memberikan warna- warna terang seperti putih, abu-abu muda, kuning muda, cream dan warna lainnya yang memberikan efek luas pada ruangan. Jadi, sudah dapat dipastikan bahwa warna- warna terang mendukung pencerahan warna pada ruangan rumah minimalis.
Anda dapat menghubungi arsitek kepercayaan anda untuk membantu mengatur tata letak ruang, pemilihan warna pada setiap ruangan, dan pastikan anda tidak menyesal dengan rumah minimalis anda nantinya. Dan jangan lupa memastikan pengoptimalan ventilasi udara, dan pencahayaan yang cukup untuk rumah minimalis anda. Untuk itu, pembuatan dan analisa denah rumah minimalis memang sangat diperlukan untuk menjadikan rumah minimalis anda senyaman mungkin untuk dihuni.